Senin, 27 Juli 2009

Virus Tokso

virus tokso, mungkin sebagian dari kita sudah mengenal atau mungkin pernah dengar mengenai virus ini,, Jeng Sehat mulai aware sama virus ini karena Jeng Sehat ngekos dan beberapa waktu yg lalu banyak kucing di kosan Jeng Sehat tapi sekarang sih Udah ga ada,, walaupun gitu, tetep aja Virus tokso ini sangat berbahaya terutama pada wanita... yuk kita korek2 apa sih sebenarnya si tokso ini,,,

Apa sih tokso itu Jeng??

Tokso disebabkan oleh parasit Toxoplasma gondii. Tokso menular pada sebagian besar mamalia (termasuk manusia) dan beberapa jenis burung. Kucing menularkan tokso meialui kotorannya, sedangkan binatang lain melalui masakan daging yang kurang matang. Sembilan puluh persen kucing terpapar tokso. Selain itu, kita dapat tehnfeksi tokso karena makan buah atau sayuran yang tidak dicuci bersih, dari ibu yang terinfeksi tokso ke bayinya melalui plasenta, atau tak sengaja menelan tanah selagi bercocok-tanam.

Tokso biasanya menginfeksi otak, tetapi bisa juga menyerang bagian tubuh -lain terutama mata. Tokso menyebabkan luka yang amat sedus di otak. Pada kehamilan, tokso dapat mengakibatkan keguguran atau cacat pada bayi. Tokso dapat djobati. Karena sangat berbahaya, penyakit ini harus diobati secepat mungkin. selain pada wanita pada pria juga dapat terjangkit (temen Jeng Sehat contohnya). walaupun temen JengSehat itu pria namun karena tingkat imunnya rendah maka dia terjangkit tokso. tokso juga menyerang penglihatan, karena virus ini bisa menyerang retina mata, dan bisa menyebabkan kemandulan pada pria. karena parasit di virus ini bisa menyerang spermatogenesis. untuk menghindari kesulitan akibat toksopolasma sebaiknya pria melakukan tes TORCH (Toksoplasma, tubella, cytomegallovirus, herspes). Ini untuk mengetahui ada-tidaknya penyakit ini sejak dini dan mempermudah penyembuhan.

Gejala-gejala Tokso


* Sakit Kepala
* Lemah
* Sulit berpikir jernih
* Demam
* Mati rasa
* Koma
* Serangan jantung
* Gangguan saraf lain

Apakah kita terinfeksi tokso?

Kita bisa mengetahui apakah kita terinfeksi kuman tokso atau tidak. Caranya dengan melakukan tes darah yaitu tes antibodi toksoplasma di dokter. Jika kita dinyatakan terinfeksi tokso, hal ini bukan berarti kita menderita penyakit tokso, Namun, terinfeksi tokso berarti penyakitnya akan berkembang di kemudian hari.Sebaiknya tes dijalani selagi kita dalam keadaan sehat dan CD4 kita diatas 200. Tanyakan pada dokter tentang tes antibodi tokso ini.

Mendiagnosa tokso kadang-kadang sulit juga. Jika kita mengalami gejala infeksi pada otak, dugaan dokter biasanya adalah tokso dan akan langsung memberikan obat untuk tokso. Namun, ada kalanya diperlukan pemeriksaan otak dengan cara scan, yang biasa disebut CT scan atau MRI, ataupun dengan cara., biopsi.

Tokso Bisa Diobati Jeng

Obat-obatan bisa membantu memerangi tokso dengan dua cara:

  1. Dengan menjaga sistem kekebalan, Anda menjadi lebih kuat. Beberapa obat bisa membantu pertahanan tubuh melawan penyakit dalam waktu yang lama. Untuk menjaga agar Anda tetap sehat, dokter Anda dapat meminta Anda untuk menggunakan obat segera setelah mengetahui Anda mengalami HIV.
  2. Dengan mengobati infeksi tersebut. Obat-obatan yang ada sekarang ini tidak bisa menyembuhkan tokso, tapi obat-obatan itu sering membuat Anda lebih baik. Sekali Anda merasa sakit karena tokso, Anda mungkin perlu terus menggunakan obat untuk menjaga agar tokso itu tidak membuat Anda sakit.


Bagaimna cara agar kita jauh jauh dari si tokso ini jeng,,,
  • Pastikan untuk memeriksa kesehatan secara teratur.
  • Jauhkan diri dari kuman tokso, hindari kotoran kucing dan masaklah semua daging dan telur sampai benar-benar matang.
  • Jika Anda mengalami gejala-gejala tokso, hubungi dokter.
  • Gunakan obat sesuai anjuran.


    keep Sehat ya Jeng-Jeng Mas-mas!!!! ^_^



1 komentar:

  1. anak saya terkena virus ini, sejak msh dlm kandungan. sekarang sdh lahir dan berusia 1 thn 3 bln, namun perkembangan otaknya lambat, adakah pengobatan alternatif selain obat?perlu diketahui, untuk menggerakkan kepalanya saja tidak bisa apalagi membalikan badannya ketika tidur. tolong diinfokan jika ada pengobatan alternatif yg pernah berhasil.trims. Email : firdausaqmal@gmail.com

    BalasHapus